Pjs. Bupati Way Kanan Sambut Kunjungan KASAD dan Hadiri Puncak Latihan Ancab Kartika Yudha

80

Inpirasipublik.com, WAY KANAN – Usai Sambut Kepala Staf Angkatan Darat beserta rombongan di Lanudad Gatot Soebroto Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan, Kamis(26/11/2020)Pjs Bupati Way Kanan Mulyadi Irsan,  bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Drs. Nuryadin Ali Mustofa,setelah melakukan Transit di Ruang VVIP Lanudad Gatot Soebroto,selanjutnya bersama rombongan serta Kepala Staf Angkatan Darat TNI AD Jenderal TNI.Andika Perkasa beserta Komandan Kodiklat TNI AD selaku Komandan Latihan, Letnan Jenderal TNI.AM Putranto dan Asisten Latihan KASAD Mayor Jenderal TNI. Harianto, menghadiri Peninjauan Puncak Latihan Antar Kecabangan Kartika Yudha Brigif R-9/DY/2 KOSTRAD TA 2020 yang dilaksanakan di Titik Tinjau Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklat Baturaja.

Dari informasi yang dihimpun Dinas Komunikasi dan Informatika, Latihan Ancab yang dilaksanakan tiap tahunnya tersebut, dilaksanakan guna meningkatkan profesionalisme tempur prajurit,juga untuk membina dan meningkatkan interporabilitas Satuan Kecabangan TNI AD, dengan materi pertahanan dan serangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD,dalam menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Latihan Ancab tersebut juga dilaksanakan dengan berbagai maneuver seperti, Penembakan Tank Leopard, Penembakan SMB, Manuver Ranpur, Kerjasama Infateri Tank, Tembakan Helikopter AH-64 Apache dengan Roket Hellfire dan Hydra.

Untuk Heli tempur, melaksanakan muatan tunggal Heli, seperti kabel baja untuk mengangkut Meriam 76mm, muatan caliber besar dan kecil, melaksanakan Evakuasi Udara serta pengejaran dengan Mobilisasi Udara.

Sebanyak 4.995 prajurit dilibatkan dalam Latihan Ancab Kartika Yudha Brigif R-9/DY/2 Kostrad tersebut, yang terdiri dari 3.123 prajurit dari Brigade Infantri R-9/2 Kostrad serta 1.872 pelatih dan pendukung dengan Satuan-satuan yang mengikuti Latihan Ancab Kartika Yudha yaitu,Satuan Infanteri yang terdiri

dari Brigif R-9/2/Kostrad, Yonif R-509/9/2/K, Yonif R-514/9/2/K, Yonif Mekanis R-412/6/2/K, Satuan Kavaleri terdiri dari Yonkav 8/2/K dan Kikav 8/2/K.

Untuk satuan Artileri Medan terdiri dari,Baterai Armed dari Yonarmed 1/2/K, Yonarmed 11/2/K dan Yonarmed 12/2/K serta untuk Satuan Artileri Pertahanan Udara Yonarhanud 2/2/K.

Selain itu, Latihan Ancab tersebut juga diperkuat oleh Satuan Kizipur Yonzipur 10, Kibekang Yonbekang 2, Kikes Yonkes 2, Kipal Denpal Div-2, Kihub Denhub Div-2, Kipom, Denpom Div-2, Sat Ajen Div-2, Sat Hukum Kostrad, Sat Penerangan Kostrad, Sat Topografi AD, Skadron 11/Penerbad dan Skadron 12/Penerbad.

Sementara untuk persenjataan dan perlengkapan yang digunakan  Pasukan Brigif R-9 dan Satuan Perkuatannya terdiri dari, Tank Leopard 2A4 Dan Leopard 2RI, Tank Leopard ARV, Marder, Panser Anoa, Panser APR, Kendaraan Tempur M 113, SMB SM-5, Senapan Serbu SS-2, Mortir 81 mm, Mortir 60 LR, Mortir 60 mm Commando, SLT C-90-CR, SPR-2, Senapan Otomatis 5,56 mm Minimi, Meriam Caesar, Comodo BCV, Comodo Meteo, Astros AV LMU, Astros AV RMD, AV Meteo, AV OFVE, AV UCF, Komodo Bacara, Unit AV PCC, Meriam 76 mm, Mistral Atlas, MPCV, MCP, Kendaraan Khusus Nubika, Kendaraan Khusus Jihandak, Kendaraan RO, Bomb Trailer, Kendaraan Direction Finder, Heli Bell 412, Fennec, dan Helikopter Serbu AH-64 Apache.

(Lia/Rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here