Bupati Raden Adipati Surya Hadiri Pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten Way Kanan

31

WAYKANAN, (IP) – Bupati Raden Adipati Surya Hadiri Pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten Way Kanan,
Selasa (25/01/2022).

Pada dasarnya Dekranasda merupakan Lembaga Independen dan Nirlaba yang bermitra dengan Pemerintah dalam membina pengembangan seni kerajinan yang berbasis pada warisan budaya Bangsa dan merupakan perwujudan keanekaragaman etnik yang ada. Yang memiliki semangat untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Bangsa, yang ada gilirannya dapat mengangkat kualitas produk kerajinan dan meningkatkan kesejahteraan perajin, maka diperlukan pembentukan Dekranasda sampai Kabupaten/Kota.

Hal tersebut disampaikan Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M saat memberikan sambutan pada Pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten Way Kanan di Gedung Serba Guna Pemkab setempat, Selasa (25/01/2022) yang turut dihadiri oleh, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Rusdi, M.M, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Kussarwono, M.T, Sekretariat DPRD, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, para Kepala Bagian Setdakab serta Ketua Dekranasda Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati beserta anggota dan jajaran Dekranasda Kabupaten Way Kanan.

Pada sambutannya, Bupati Raden Adipati Surya juga berharap, Dekranasda Kabupaten Way Kanan bisa menjadi jembatan bagi kepentingan masyarakat, mempercepat proses pembinaan dan pengembangan produk kerajinan,sesuai dengan potensi budaya Daerah Way Kanan. Mengingat Dekranasda Kabupaten Way Kanan selama ini telah ikut berperan aktif dalam upaya membangun Kabupaten Way Kanan,untuk menjadikan masyarakat yang unggul dan sejahtera, melalui pembinaan dan pendampingan kepada pelaku usaha IKM kerajinan yang ada di Kabupaten Way Kanan.

“Dan untuk memajukan sebuah Lembaga, Dekranasda Way Kanan harus senantiasa menjalin hubungan dengan lembaga lain, sebagai mitra kerja dalam membangun ekonomi kerakyatan, sehingga peran Dekranasda semakin penting dan dirasakan keberadaannya. Selain itu, diperlukan terobosan-terobosan dan inovasi terbaru demi kemajuan dan berkembangnya kerajinan Daerah agar lebih produktif,untuk mengembangkan kualitas dan kuantitas produksi, sehingga hasil kerajinan dari Way Kanan bisa menjadi Primadona di Provinsi Lampung”, ujar Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa,sebagai upaya mewujudkan organisasi yang handal, mandiri serta memberikan manfaat untuk mengakomodir pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam sektor kerajinan Daerah, Dewan Pengurus Dekranasda Kabupaten Way Kanan harus bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah, Dekranasda dan organisasi pengrajin, khususnya kerajinan berbasis SDA dan warisan budaya daerah.

“Termasuk upaya untuk kesejahteraan masyarakat pengrajin Daerah agar meningkat, yang dinilai sangat penting dalam menghadapi persaingan perekonomian global. Dekranasda juga diharapkan segera melakukan pembenahan yang dirasa perlu untuk merancang program kerja yang lebih terukur, mudah direalisasikan serta bangun koordinasi dalam membangun kreativitas dan inovasi, mampu menggali potensi kearifan lokal dalam pengembangan produk unggulan, sehingga produk IKM kita dapat bersaing baik ditingkat lokal, Nasional maupun Internasional dan saya juga berpesan kepada para Pengurus Dekranasda yang baru dikukuhkan agar dapat bekerja dengan aktif, melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggungjawab yang dibebankan”, imbuh Bupati Raden Adipati Surya. (BP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here