Bupati Adipati Sampaikan Pidato Pada Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Ke-23 Kabupaten Way Kanan Tahun 2022

45

WAY KANAN  – Perayaan Ulang Tahun  Way Kanan yang bertepatan dengan Bulan Puasa kali ini adalah saat yang tepat bagi kita selaku pewaris Daerah untuk mengenang kembali perjuangan para pendahulu kita yang telah berkorban baik moril maupun materil untk tujuan yang sama yaitu masyarakat Way Kanan yang sejahtera. Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan pribadi mengucapkan terima kasih kepada para tokoh pendiri Kabupaten Way Kanan.

Hal tersebut disampaikan Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M saat membacakan pidato pada Rapat Paripurna Istimewa dalam Rangka Hari Jadi Ke-23 Kabupaten Way Kanan Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Way Kanan, Rabu (27/04/2022) yang dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung, Saiful Darmawan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Setdakab, Direktur RSUD ZAPA, Instansi Vertikal dan Camat Blambangan Umpu.

Meski ditengah Pandemi Covid-19, diusia ke-23 ini beberapa capaian terus membaik antara lain kondisi perekonomian, tata kelola Pemerintahan, pembangunan SDM, pembangunan kampung dan penanganan kemiskinan. Melalui hari jadi ke-23 Kabupaten Way Kanan Tahun 2022 ini,diharapkan untuk terus dapat membangun komitmen untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, dengan kekompakan menciptakan suasana damai, membangun sinergitas antara Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kampung dengan harapan seluruh lapisan masyarakat memberikan dukungan atas kebijakan dan program Pemerintahan.

“Saat ini kita tengah berupaya memulihkan perekonomian Daerah dan mengurangi kemiskinan yang memerlukan dukungan kita semua, yang menjadi dasar Pemerintah Daerah Way Kanan Tahun ini mengangkat tema Pulihkan Ekonomi dan Entaskan Kemiskinan Menuju Way Kanan Unggul dan Sejahtera. Dengan upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan yaitu mendorong lapangan usaha pertanian, kehutanan dan prikanan yang berdampak bagi pemulihan ekonomi untuk diprioritaskan pengembangannya, mendorong peningkatan nilai tambah produk pertanian di Kabupaten Way Kanan dengan mendorong pengembangan industry kecil olahan komoditas pertanian, mendorong peningkatan lapangan usaha perdagangan dengan memprioritaskan pengembangan perdagangan berbasis produk Kabupaten Way Kanan serta mendorong usaha mikro menjadi salah satu penopang perekonomian Way Kanan, sehingga terus diupayakan agar usaha mikro baru dapat terus tumbuh dan usaha mikro yang sudah ada didorong agar terus berkembang sehingga mampu meningkatkan skala usahanya”, ujar Bupati Adipati.

Sementara untuk upaya pengurangan kemiskinan dilakukan dengan meningkatkan pemanfaatan Data Terpadu Kemiskinan untuk Penanggulangan Kemiskinan, Optimalisasi Program Perlindungan Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Miskin, fokus pada masyarakat miskin ekstrim (persentil 1-13) dan membangun sinergi penanggulangan kemiskinan dengan berbagai pihak (Pemerintah Kampung dan Dunia Usaha).

“Selanjutnya, saya mengharapkan agar koordinasi dan sinergitas yang selama ini berjalan dengan baik dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga geliat Pembangunan dapat berjalan dengan baik dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat di Provinsi Lampung, khususnya Kabupaten Way Kanan. Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para pendahulu kita yang berjasa dalam membangun Way Kanan dan para pejuang Way Kanan yang dengan tulus dan ikhlas telah memberi sumbangsih dalam membangun Daerah Kabupaten Way Kanan, semoga ketulusan dan keikhlasan para pendiri Kabupaten ini mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT, Aamiin”, tutur Bupati Adipati. (BP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here