banner 728x250

Pemerintah Kabupaten Tubaba Launching inovasi K3W

banner 120x600
banner 468x60

TULANG BAWANG BARAT (IP) – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Launching Inovasi program mandiri pangan Kolam, Kebun, Kandang dan Wisata (K3W). Acara yang dipusatkan di Tiyuh Mulya Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT), Senin (06/04/2023).

Hadir dalam kegiatan Lounching K3W yakni, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung beserta rombongan, Ketua DPRD Tubaba, Kapolres Tubaba, para Kepala Dinas /Badan/ Bagian , Camat , Kepala Tiyuh , dan tamu undangan lainnya .

banner 325x300

Dalam sambutan PJ Bupati Zaidirina menjelaskan, dibentuknya program Keluarga Nenemo Mandiri Pangan dengan gerakan K3W oleh Pemkab Tubaba bertujuan untuk menghadapi krisis ekonomi dunia dan menekan angka stunting.

“Kita melihat banyaknya lahan pekarangan dan lahan-lahan milik Tiyuh maupun milik pihak ketiga yang tidak dimanfaatkan yang hanya dijadikan lahan kosong. Maka dari itu Pemkab mengajak masyarakat agar dapat memanfaatkan nya,” ujar PJ Bupati Tubaba.

Selain itu, Tiyuh yang ada di wilayah Kabupaten Tubaba, punya kewajiban yang diperintah oleh pemerintah pusat khususnya Kementerian desa untuk menyisihkan Dana Desa (DD) untuk ketahanan pangan sebagai bentuk upaya mengurangi dan menghilangkan stunting juga untuk mengurangi kemiskinan dan kemiskinan ekstrem.

“Oleh karena itu Pemda Tubaba cepat tanggap melihat peluang yang ada dengan mengajak seluruh masyarakat agar memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya menjadi lahan produktif untuk kebutuhan gizi sekaligus membantu perekonomian keluarga seperti menanam tanaman holtikultura , beternak dan budidaya ikan. Sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan beraneka ragam terus menerus guna pemenuhan gizi keluarga serta menambah pendapatan,” paparnya.

Lanjut Zaidirina, ia berharap gerakan K3W dapat dirasakan oleh masyarakat. “tentunya ini menjadi tanggungjawab semua pihak terkait, untuk terus dilakukan pembinaan serta pengawasan secara optimal agar program ini benar – benar dapat berjalan baik dan berkesinambungan,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Lampung yang diwakili Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi, Ir. Lili Marwati, menyampaikan dengan di lounching program K3W. Tubaba semakin maju semakin berkembang dan semakin dikenal tidak hanya di provinsi Lampung saja.

“Pak gubernur berpesan bahwa setiap Kabupaten mempunyai ciri khas masing-masing. Sehingga dari masing-masing kabupaten tersebut Kabupaten Tubaba selain nanti dengan program k3W. Gubernur juga khususnya Kabupaten Tubaba dicanangkan sebagai salah satu lumbung ternak agar membantu perekonomian masyarakat,” paparnya. (DS/Z)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *