Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto Membuka Musrenbang RKPD Tahun 2024 Pemkab Tanggamus

banner 120x600
banner 468x60

TANGGAMUS (IP) – Sekdaprov Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan bahwa Kabupaten Tanggamus merupakan wilayah yang memiliki ciri ciri surga saat membuka kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Murenbang) tahun 2024. Rabu, (06-03-2024)

Ada alasan sendiri menurutnya, Kabupaten Tanggamus ia sebut miliki ciri ciri di surga.

Pertama Kabupaten Tanggamus memiliki banyak pepohonan, gunung ada sungai sungai yang mengalir jernih.

“Banyak buah buahan, ada buah pisang, manggis, ini sebetulnya ciri ciri yang digambarkan di al quran, di alquran disebutkan beberapa kali, Jannatin tajri min tahtihal anhar, itulah surga ada air yang mengalir, jadi kita patut bersyukur tentunya ini anugerah dari Allah SWT,”ujarnya.

Kehadiran Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto dalam rangka membuka kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2024, di GOR Mini, Pekon Kogaagung, Kecamatan Kotaagung.

Sekdaprov Hadir didampingi sejumlah pejabat Pemprov Lampung, kedatangan Sekdaprov disambut oleh Pj. Bupati Tanggamus Ir Mulyadi Irsan.

Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, dan jajaran Forkompinda Tanggamus.

Dalam sambutannya, Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto mengatakan bahwa sinergitas pembangunan dan pemerintahan harus terlaksana dengan baik dari mulai tingkat bawah hingga atas.

Maksudnya ialah, Sekdaprov menginginkan mendorong pemerintahan di tingkat desa, kecamatan berjalan dengan baik.

Sehingga muaranya pembangunan di tingkat kabupaten juga akan berjalan sebagai mana mestinya.

Hal yang sama juga dengan pembangunan dimana menurutnya satuan terkecil pembangunan ialah rumah tangga.

Sehingga apapun programnya baik itu stunting, pendidikan tidak akan berhasil dengan baik.

Jika unit terkecil dirumah tangga diabaikan, jadi unit terkecil pemerintah itu desa, dan unit terkecil pembangunan rumah tangga, tolong ini menjadi catatan,”pesannya.

Sementara itu, Pj. Bupati Tanggamus Ir Mulyadi Irsan menyampaikan bahwa, musrenbang tahun 2024 ialah untuk pelaksanaan RKPD tahun 2025.

“Dari skup nasional, provinsi dan kabupaten kota, dimana salah satunya Tanggamus harus tahu persis bagiamana segenap potensi yang ada di Tanggamus ini, dijadikan peluang untuk pembangunan,”kata Pj. Bupati.

Lalu selanjutnya yang perlu disikapi, smart government (pemerintah yang cerdas),

Pemerintah yang tahu dengan segenap potensi yang ada, dengan segala keterbatasannya untuk mewujudkan kemakmuran masyarakat.

“Itu kenapa pada siang hari ini, kita hadir bersama sama melaksanakan Musrenbang RKPD, untuk perencanaan pembangunan tahun 2025, bagaimana di tahun 2025 merupakan akumulasi bersama sama, mengawali pembangunan yang sudah ada,”paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Hendra Wijaya Mega.m

Menjelaskan bahwa tujuan Musrenbang RKPD tahun 2024 ialah, melakukan sinkronisasi prioritas pembangunan mulai dari Musrenbang tingkat pekon.

Musrenbang Kecamatan, Konsultasi Publik dan forum gabungan perangkat daerah dengan rancangan rencana kerja (renja) tahun 2025.

Lalu merumuskan isu isu dan permasalahan pokok pembangunan, yang berkembang dalam dokumen RKPD tahun 2025.

Ketiga ialah merumuskan dan menetapkan kebijakan umum anggaran tahun 2025, yang bersinergi dengan kebijakan umum anggaran prioritas plafon pembangunan provinsi Lampung.

“Kegunaan Musrenbang Kabupaten Tanggamus 2024 adalah sebagai acuan, dalam program kegiatan pembangunan Tanggamus tahun 2025, sasaran Musrenbang Tanggamus yakni tercapainya perencanaan pembangunan optimal dengan mudah, memadukan berbagai aspirasi yang ada di masyarakat,”paparnya.(**)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *