Pantai Parangtritis Bantul dikunjungi 23.950 wisatawan pada libur cuti bersama

25 Desember 2019 0 By Redaksi
Pantai Parangtritis Bantul dikunjungi 23.950 wisatawan pada libur cuti bersamaPantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, DIY. ANTARA/Hery Sidik

INSPIRASIPUBLIK.COM – Petugas Tempat Pemungut Retribusi Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat sebanyak 23.950 wisatawan mengunjungi objek wisata pantai tersebut pada libur cuti bersama, 24 Desember 2019 atau sehari menjelang Natal.

"Kemarin (24 Desember) ada sebanyak 23.950 pengunjung di Pantai Parangtritis," kata Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Parangtritis Rahmad Ridwanto di Bantul, DIY, Rabu.

Menurut dia, kunjungan wisatawan ke objek wisata andalan Kabupaten Bantul tersebut mayoritas berasal dari luar Bantul dan luar DIY dengan menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun rombongan wisatawan dengan bus pariwisata.

Pengunjung Pantai Parangtritis yang masuk melaui pintu gerbang wisata itu terlihat sejak pagi dan terus bertambah kepadatan kendaraan hingga sore, sehingga petugas TPR yang ada dimaksimalkan dalam penarikan retribusi pengunjung.

"Mayoritas pengunjung berasal dari luar kota, dengan lonjakan pengunjung sekitar pukul 15.00 WIB," katanya.

Menurut dia, sudah menjadi pemandangan umum ketika liburan bahwa Pantai Parangtritis dipadati pengunjung, seperti halnya momen cuti bersama menjelang libur Natal 2019 dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berlibur berkunjung ke objek wisata.

Bahkan, menurut dia, jika dibandingkan dengan hari biasa jumlah kunjungan wisatawan ke pantai melonjak signifikan. "Kalau hari-hari biasa sekitar 4.000 sampai 5.000 orang, namun untuk cuti bersama kemarin mencapai 23.950 orang," katanya.

Sementara itu, Kasi Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) Dinas Pariwisata Bantul Joko Wintolo mengatakan, guna meningkatkan kunjungan wisatawan pada libur akhir tahun, pihaknya menyiapkan sejumlah agenda hiburan besar atau atraksi untuk memeriahkan malam pergantian tahun baru 2020.

Dia mengatakan, untuk di kawasan Pantai Parangkusumo Parangtritis pada 31 Desember 2019, akan digelar pentas musik dengan menghadirkan sejumlah grup band lokal juga bintang tamu lokal ternama guna memeriahkan liburan.

"Destinasi di Bantul yang lain seperti Pantai Gua Cemara juga masyarakat secara mandiri mengelola sendiri mengadakan pesta lampion, rencananya akan ada 1.000 lampion dan juga pentas musik orkes melayu," katanya.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.