Gubernur Arinal Hadiri Kegiatan Panen Raya Pada Musim Tanam III

138 views

Inspirasipublik.com, Bandar Lampung –Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan Provinsi Lampung, mengingat cukup besarnya peluang dan potensi sektor ini yang masih dapat dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus pengembangan perekonomian daerah.

Demikian disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat melakukan kegiatan panen raya pada musim tanam III “Cuak Mengan Ngetas Paghei” tahun 2019 di Kelurahan Sumbersari, Kec. Metro Selatan, Kota Metro, Senin (27/01) pagi.

Gubernur Arinal menyatakan bahwa meskipun pada Musim Tanam III tahun 2019 telah terjadi musim kemarau yang panjang, namun kelompok petani di Kota Metro telah berhasil meningkatkan produktivitas produksi padi.

“Meskipun Musim Tanam III tahun 2019 ini telah terjadi kemarau yang panjang, namun kelompok petani di Kota Metro telah berhasil meningkatkan produktivitas produksi padi. Ini semua tentu tidak terlepas dari peran Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota Metro sendiri dalam menyediakan dukungan air irigasi, bantuan benih, pupuk bersubsidi dan alat mesin pertanian,” tutur Arinal

Diketahui bahwa pada Musim Tanam III tahun 2019, petani di Kota Metro dapat melakukan tanam padi pada lahan seluas 2.880 hektar dan berhasil panen dengan baik dengan produktivitas yang tinggi yaitu berkisar 6,5 – 8 ton per hektar.

Atas Keberhasilan tersebut Gubernur Arinal mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Bapak/Ibu petani di Kota Metro yang telah berhasil merealisasikan penanaman dari bantuan benih padi dari Pemerintah Pusat sebanyak 62,5 ton dan bantuan benih dari pemerintah provinsi berupa penangkaran sejumlah 2,5 ton (khusus untuk penangkaran 100 hektar) .

“Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Bapak/Ibu petani di Kota Metro yang telah berhasil merealisasikan penanaman dari bantuan benih padi, baik dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi. Saya juga merasa bangga bahwa di bawah kepemimpinan Bapak Walikota Kota Metro yang relatif kecil, luas lahan pertaniannya mampu menunjukkan angka produksi dan produktivitas terutama tanaman padi yang cukup tinggi,” ucapnya.

Selain itu untuk meningkatkan produktivitas atau hasil panen padi per hektar, Gubernur Arinal juga menghimbau agar para petani mau dan mampu menerapkan cara bercocok tanam sesuai anjuran petugas atau penyuluh. Yaitu dengan menerapkan cara budidaya padi yang ramah lingkungan dan setidaknya dengan penerapan panca usaha tani.

Gubernur juga berharap agar irigasi di Kota Metro tidak dirubah fungsinya untuk mendukung sektor pertanian yang memiliki peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan produksi pertanian.

Dalam sambutannya Gubernur Arinal juga menyatakan bahwa di Bulan Maret mendatang, diharapkan para petani sudah mendapatkan Kartu Petani Berjaya yang dapat membantu petani untuk mendapatkan pupuk & bibit, bagi petani yang memenuhi persyaratan.

Pada kegiatan yang juga dihadiri oleh Walikota Metro H.A Pairin, S.Sos, Ketua TP PKK Kota Metro, Ketua DPRD Kota Metro, Kepala Dinas / Instansi terkait, Rektor UBL, Kelompok Tani, dan Masyarakat tersebut, Gubernur Lampung juga melakukan Semai Perdana Musim Tanam I tahun 2020, pemotongan tumpeng, dilanjutkan dengan Cuwak Mengan (makan bersama), dan menyerahkan beberapa bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kota Metro kepada kelompok tani Kota Metro.

Adapun bantuan dari Pemerintah Pusat berupa Combine Harvester sejumlah 2 Unit, kemudian bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung berupa hand tracktor 2 unit, Hand Spray Electric 5 Unit, Cultivator 1 Unit, Power Trasher 2 Unit, Pompa Air 3 Unit dan bantuan kepada Pemerintah Kota Metro untuk pengembangan budidaya padi inbrida TA 2020 sejumlah 3130 Ha senilai 1,13M. Sedangkan Bantuan dari Pemerintah Kota Metro berupa Hand Spray Electric 15 Unit dan Corn Planter 12 Unit. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *