PMK Rencanakan Pilkakam Way Kanan Dilaksanakan Bulan Mei

165

Inspirasipublik.com, WAY KANAN – Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak dalam Wilayah Kabupaten Way Kanan, akan di rencanakan dan pada prinsipnya sudah siap di laksanakan di bulan Mei 2021, hal tersebut di sampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) Ixuan Ahmadi. Kamis(10/12/2020).

Namun menurut nya, berdasarkan Rapat Koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri pada Hari Kamis tanggal 12 November 2020, bahwa berdasarkan *penjelasan Mendagri menginggat pada saat ini sedang terjadi Pandemi COVID-19, maka Kemendagri akan segera melakukan Perubahan Regulasi tentang Pilkades(Pilkakam untuk Kabupaten Way Kanan), yaitu Perubahan Permendagri No 112 Tahun 2014 tentang Pilkades dimana telah dilakukan Perubahan Ke-2, Khusus mengatur terkait Pilkades dimasa Pandemi COVID-19 (Protokol Kesehatan) yang saat ini sedang diproses oleh Kemendagri*.

“Terkait ada perubahan regulasi tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Way Kanan, melalui Dinas PMK saat ini terus memantau dan terus berkoordinasi dengan Kemendagri,sampai kapan regulasi tersebut diterbitkan, sebagai Dasar atau Pedoman Pelaksanaan terkait Pilkakam Serentak Tahun 2021,”ungkap Ixuan Ahmadi.

Dia melanjutkan lagi, bahwa
Kampung yang akan melaksanakan Pilkakam Serentak Gelombang III Th 2021, berjumlah 85 Kampung dan 1 Kampung yang akan melaksanakan Pemilihan Antar Waktu (PAW).

“Setelah Permendagri Perubahan dikeluarkan oleh Mendagri, maka persiapan terkait Pemilihan, akan langsung kami laporkan ke Pimpinan dan akan kami Koordinasikan dengan Instansi atau SKPD terkait mulai dari Tahapan Pembentukan Panitia, Jadwal Tahapan Pemilihan, Pelaksanaan dan Pelantikan Kakam terpilih,”pungkas Kadis Ixuan.

(Lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here