Sebanyak 2.600 Warga, Kodim 0411/KM Bersama Bupati Musa Ahmad Salurkan BTPKLWN

5

LAMPUNG TENGAH (IP) – Sebanyak 2.600 warga menerima bantuan tunai pedagang kaki lima, warung dan nelayan (BTPKLWN) yang disalurkan Kodim 0411/KM, Rabu (13/4/2022).

Kegiatan yang digelar di Koramil Terbanggi Besar itu disalurkan untuk penerima dari Kecamatan Terbanggi Besar, Seputih Agung, Way Pengubuan dan Terusan Nunyai, Lampung Tengah.

Dandim 0411/KM Letkol Inf. Sihono menjelaskan, bantuan tersebut disalurkan sesuai dengan instruksi dari Panglima TNI, agar TNI mendata masyarakat pedagang kaki lima, pemilik warung dan nelayan.

“Untuk pendataannya kita minta bantuan pemerintah daerah, namun untuk kroscek ke bawah ini langsung dari Babinsa yang mendata ke masyarakat. Apakah benar mempunyai warung yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan pemerintah pusat,” terang Letkol Inf. Sihono.

Selain itu ditambahkan oleh Sihono, penerima program BTPKLWN adalah mereka yang belum sama sekali menerima bantuan sosial yang diberikan pemerintah, sehingga penerimanya tidak tumpang tindih dengan program sosial lainnya.

Menurut Dandim, program BTPKLWN yang disalurkan Kodim 0411/KM, total penerima di Lampung Tengah sebanyak 15 ribu orang, dan penerima berhak mendapat bantuan masing-masing Rp 600 ribu per orang.

“Penyaluran BTPKLWN memang dibagi di beberapa tempat. Ada tiga Koramil lagi yang menyelenggarakan, tapi pada hari ini kami fokuskan untuk di wilayah Terbanggi Besar, karena di sini adalah salah satu penerima dalam jumlah yang cukup besar,” ujarnya.

Untuk para penerima, lanjut Sihono, jumlah dana bantuan total Rp 600 ribu, dan tidak dilakukan pemotongan.

Ia juga sudah meminta kepada jajarannya untuk tak melakukan pemotongan jumlah dana penerima.

Sementara Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad yang turut hadir mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi langkah TNI, khususnya Kodim 0411/KM untuk menyalurkan bantuan BTPKLWN.

“Saya mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh jajaran TNI Kodim 0411/KM yang sudah bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” kata Musa.

Bupati berharap, dana yang diberikan benar-benar dimanfaatkan oleh para penerima untuk keperluan sehari-hari, dan juga menjalankan roda usaha.

Selamet salah seorang penerima bersyukur karena telah menerima bantuan BTPKLWN dari TNI Kodim 0411/KM. Menurutnya, bantuan itu sangat bermanfaat bagi kelangsungan usahanya.

“Saya jualan kelontongan keliling, dengan bantuan ini Insyaallah sangat bermanfaat untuk memutar modal usaha. Terimakasih kepada TNI dan Kodim 0411/KM,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya bantuan BTPKLWN, maka orang seperti dirinya dan penerima lainnya sangat terbantu, dan bisa bertahan di tengah tuntutan ekonomi yang tinggi. (AdV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here