Bupati Raden Adipati Surya Bertindak Sebagai Inspektur Upacara HUT Ke-23 Kabupaten Way Kanan

9

WAY KANAN  – Pemerintah Kabupaten  Way Kanan menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-23 Kabupaten Way Kanan Tahun 2022, di Lapangan Pemkab Way Kanan, Rabu (27/04/2022) yang dihadiri oleh Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Setdakab, Direktur RSUD ZAPA, Instansi Vertikal dan Camat Blambangan Umpu. Upacara tersebut diselenggarakan setelah selama 2 Tahun tidak dilaksanakan akibat Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia termasuk Kabupaten Way Kanan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Adipati dalam sambutannya menyampaikan,diusia yang ke 23 Tahun, Kabupaten Way Kanan sudah banyak mengalami perubahan yang signifikan, baik sosial budaya, ekonomi dan lingkungan. Dengan tema HUT yang diusung tahun ini yaitu Pulihkan Ekonomi dan Entaskan Kemiskinan Menuju Way Kanan Unggul dan Sejahtera, yang mengandung pengertian bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan harus bekerja dua kali lebih cerdas dan dua kali lebih cepat agar masyarakat dapat merasakan hasilnya.

“Melalui momen Hari Jadi Kabupaten Way Kanan Ke-23 yang diperingati ditengah suasana Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Saya mengajak kepada seluruh komponen penyelenggara Pemerintahan baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat Kampung dan Kelurahan untuk saling introspeksi dan merekonstruksi hal-hal yang perlu dipertahankan dan yang harus diperbaiki, kepada seluruh masyarakat Way Kanan agar bahu-membahu dan berperan aktif bersama Pemerintah untuk menyukseskan setiap pembangunan diberbagai bidang, karena kebersamaan merupakan kekuatan kita, dengan kebersamaan kita akan mampu menyelesaikan berbagai hambatan, tantangan dan persoalan dalam berbagai sector”, ujar Bupati Adipati.

Kita ketahui bersama akibat Pandemi Covid-19, kita merasakan dampak ekonomi yang sangat serius, termasuk di Kabupaten Way Kanan, lebih dari setengah anggaran pembangunan direfocusing dan dialihkan untuk penanganan Covid-19, sehingga banyak proyek pembangunan yang tertunda, untuk itu di Tahun ini dan yang akan datang, Saya mengajak seluruh komponen penyelenggara Pemerintah untuk bekerja lebih keras agar dapat mengejar rencana pembangunan yang sempat tertunda sebelumnya.

“Sebagai motor ekonomi warga yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi daerah, selain pembangunan fisik penguatan Koperasi dan UMKM sangat diperlukan, sebagai upaya telah dilakukan Pemerintah Pusat maupun Daerah, seperti Bantuan Pangan Non Tunai, PKH, Bantuan Usaha Produktif bagi difable (cacat fisik), Program Bantuan Bedah Rumah dan beragam bentuk bantuan lainnya. Dimana khusus Kabupaten Way Kanan, setidaknya di Tahun 2020 sampai dengan Tahun 2021,Pemerintah Pusat maupun Daerah telah menggelontorkan Bantuan Profuktif Usaha Mikro (BPUM) kepada lebih dari 39.000 UMKM serta 38 Koperasi yang ada di Kabupaten Way Kanan, tujuannya adalah agar pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh berada dalam zona positif dan berdampak pada masyarakat Kabupaten Way Kanan”, lanjut Bupati yang baru menerima Penghargaan Predikat Opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) ke-12 kali secara berturut-turut.

Dalam sambutannya tersebut,Bupati Adipati juga menyampaikan, terima kasih kepada seluruh jajaran Organsiasi Perangkat Daerah yang sudah bekerja keras sehingga Kabupaten Way Kanan dibeberapa Tahun ini telah meraih beberapa Penghargaan, baik di tingkat Provinsi maupun Nasional. Salah satunya di Tahun 2022 ini, tepatnya kemarin di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Lampung Kabupaten Way Kanan meraih Predikat Opini WTP ke-12 kali secara berturut-turut untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Selanjutnya, Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan Peringkat Pratama dari Kementerian PPPA RI, Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dengan nilai 88,61 dari Ombudsman RI serta masih banyak lagi Penghargaan lainnya.

“Tak lupa saya juga sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada,TNI, Polri, seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan yang telah turut serta dalam menyukseskan program Pemerintah, utamanya program vaksinasi yang saat ini Kabupaten Way Kanan telah mencapai 96,36% Dosis I, 79,15% Dosis II dan Booster atau Dosis III telah mencapai 11,93%. Dimana dari data tersebut terlibat bahwa vaksin ke-III atau booster masih jauh dari jumlah yang diharapkan, untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Way Kanan, agar tetap taat Protokol Kesehatan dan segera ikut vaksin. Selain itu, secara khusus Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pendahulu yang pernah memimpin Kabupaten Way Kanan, para pencetus dan pendiri Kabupaten Way Kanan, para sesepuh, alim ulama, tokoh pendidikan, dan seluruh masyarakat Way Kanan yang telah mewarnai perubahan Kabupaten Way Kanan, semoga sumbangsih tersebut menjadi tanda mata bagi generasi saat ini dan juga bagi generasi mendatang”, tutup Bupati Adipati.

Diketahui, pada Upacara yang juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati, Ketua II TP PKK Kabupaten, Ny. Vorian Melita Saipul, Ketua IIA, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ketua Persit KCK Kodim 0427/Wk, Ketua Bhayangkari, Ketua Adyaksa Dharma Karini, Ketua Dharmayukti Kharini serta Organisasi wanita lainnya, Bupati Adipati menyerahkan Piagam dan Penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada Ansori, S.Pd, Jabatan Camat Kasui Penghargaan Satyalancana Karya Satya ke XXX Tahun. Bakarudin, S.H, Jabatan Inspektur Pembantu Wilayah I Inspektorat Daerah Penghargaan Satyalancana Karya Satya ke XX Tahun dan Bayu Susanto, S.E, Jabatan Kepala Bidang Informasi Adm Kepemdudukan Dinas Dukcapil Penghargaan Satyalancana Karya Satya ke X Tahun.

Penyerahan SK Pensiun kepada Drs. Marson, M.M, Jabatan Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan politik TMT 1 Juni 2022 dan Penyerahan SK Penaikan Pangkat Gol (IV/c) Yusron Lutfi, S.H.,M.M, Jabatan Sekretaris DPRD Kabupaten Way Kanan. (BP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here