Dialog Interaktif Bersama ANTV, Raden Adipati Jelaskan Tema HUT Ke 23 Kabupaten Way Kanan

8

WAY KANAN – Dengan mengusung tema “Capaian Pembangunan Kabupaten Way Kanan Di Usia 23 Tahun”Bupati Adipati Lakukan Dialog Interaktif Dengan ANTV

Minggu (24/04/2022).

Bertempat di Rumah Dinas Jabatan Bupati Way Kanan,Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M melakukan Dialog Interaktif dengan ANTV, Minggu (24/04/2022) yang didampingi oleh Kepala/unsur Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata serta Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab.

Dialog Interaktif yang mengusung tema “Capaian Pembangunan Kabupaten Way Kanan Di Usia 23 Tahun”, ketika ditanya tentang tema yang diusung Pemerintah Daerah pada HUT Ke-23 Kabupaten Way Kanan Tahun 2022, Bupati Adipati menjelaskan, bahwa didasari kondisi perekonomian Way Kanan yang saat ini masih dalam tahap pemulihan meski sudah tumbuh positif 2,9%, perlu upaya berkelanjutan agar tumbuh seperti sebelum pandemi yaitu diatas 5%, selain itu juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perlu upaya percepatan pengurangan kemiskinan yang saat ini masih diangka 13,09%, untuk itu diusung tema “Pulihkan Ekonomi dan Entaskan Kemiskinan Menuju Way Kanan Unggul dan Sejahtera”.

Selanjutnya, terkait untuk pembangunan yang telah dilakukan selama kepemimpinan Bupati Adipati yang tidak terlepas dari upaya pembenahan SDM, Bupati penerima Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI menjelaskan,bahwa untuk capaian yang telah berhasil diupayakan Pemerintah hingga Tahun 2021 yaitu IPM meningkat menjadi 67,57 pada Tahun 2021 dari sebelumnya 67,44 di Tahun 2020. Angka Harapan Hidup yang terus mengalami peningkatan, dimana Tahun 2021 menjadi 69,46 dari sebelumnya 69,40 di Tahun 2020. Angka Rata-rata Lama Sekolah yang juga ikut mengalami peningkatan menjadi 7,71 Tahun pada Tahun 2021 setelah sebelumnya 7,70 Tahun pada Tahun 2020. Dan Angka Harapan Lama Sekolah meningkat menjadi 12,37 Tahun di Tahun 2021 setelah sebelumnya 12,36 Tahun di Tahun 2020.

Pada Dialog tersebut juga dibahas mengenai Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Unila di Way Kanan, dimana saat ini akses Pendidikan Tinggi di Kabupaten Way Kanan masih terbatas hanya ada beberapa Perguruan Tinggi yaitu STAI Al-Ma’Arif dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah. Untuk itu, perlu diperluas akses masyarakat usia 19-24 tahun, untuk menempuh jenjang Pendidikan Tinggi. Pada 14 Juni 2021 telah ditandatangani Perjanjian Kerjasama antara Pemkab Way Kanan dengan Unila,tentang Penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi Unila di Kampus Unila Way Kanan, dan seiring dengan itu saat ini sedang dilakukan persiapan fisik bangunan Kampus Unila Way Kanan.

Selain itu, ketika ditanya mengenai kiat untuk menjaga predikat penghargaan tetap melekat selama 2 Tahun menjabat,seperti WTP 11 kali berturut dan Tingkat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman, Bupati Adipati menjelaskan, bahwa dalam pengelolaan keuangan selalu memperhatikan adanya kesesuaian antara laporan realisasi anggaran dan laporan operasional, penyajian laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi Pemerintah, kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-Undangan dalam pengelolaan keuangan, tidak ada ketentuan yang dilanggar serta adanya Sistem Pengendalian Internal (SPI). Sementara terkait dengan Pelayanan Publik, dirinya mengaku bersama jajaran selalu berupaya memenuhi komponen wajib pelayanan publik yang harus ada pada unit pelayanan publik.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Adipati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para pendahulu yang telah berjasa dalam membangun Way Kanan, yang dengan tulus dan ikhlas telah memberikan sumbangsih dalam membangun Daerah Way Kanan. Dirinya juga mengajak kepada seluruh masyarakat Bumi Ramik Ragom,untuk bersama membangun Kabupaten Way Kanan menuju Way Kanan Unggul dan Sejahtera. (BP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here